5 Pantai Hits di Balikpapan yang Tak Boleh Dilewatkan

  • Whatsapp

Akuratnews.com – Sebagai sebuah kota yang terkenal dengan sebutan kota minyak atau Banua Patra, Balikpapan selalu menyuguhkan berbagai hal yang menarik ketika sedang melewatkan waktu untuk berkunjung kesana. Kota ini merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Timur yang populer akan maskotnya yang berupa beruang madu. Terletak di garis khatulistiwa, kota ini memiliki potensi wisata yang luar biasa dan mempesona, terutama pantai-pantainya yang indah. Bagi Anda yang ingin atau sedang menikmati liburan di kota ini, lima pantai hits ini tak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Pantai Lamaru

Bacaan Lainnya

Pantai Lamaru merupakan pantai berpasir putih yang terletak di Jalan Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Timur. Pantai ini cukup terkenal oleh para wisatawan lokal karena tidak cukup banyak objek wisata pantai yang dapat ditemukan di Kota Balikpapan. Untuk menuju ke pantai ini dari pusat kota, Anda dapat berkendara menuju Jalan Sudirman atau Jalan Ringroad untuk mencapai daerah di dekat Bandara Sepinggan.

Lokasi pantai ini terletak sekitar 15 kilometer dari Bandara Sepinggan. Akses jalan menuju pantai ini cukup bergelombang dan belum diaspal, sehingga Anda harus berhati-hati sepanjang perjalanan karena terkadang jalanan becek dan berair. Jika Anda sudah sampai di Pantai Lamaru, Anda bisa masuk ke pantai ini dengan membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang, cukup murah bukan? Pemandangan yang disuguhkan oleh pantai ini sangat menarik, dimana pantai ini dikelilingi oleh pohon cemara hijau yang sejuk dan asri.

 Pantai Manggar Segara Asri

Pantai Manggar terletak di Kelurahan Manggar dan Teritip, Balikpapan Timur, tepatnya sekitar 20 kilometer dari pusat kota atau Bandara Sepinggan. Hampir mirip dengan Pantai Lamaru, Pantai Manggar juga berpasir putih dan dikelilingi oleh pohon pinus di sepanjang pantainya yang indah. Pantai ini bergelombang kecil sehingga sangat aman bagi Anda yang ingin bermain air maupun berlayar.

Tidak hanya itu, ada berbagai fasilitas bermain yang bisa Anda coba ketika Anda sudah sampai di pantai ini, di antaranya adalah speed boat, jet ski, dan banana boat. Selain itu, untuk menikmati keindahan panorama pantai ini, pihak pengelola pantai menyediakan tenda-tenda khusus pengunjung beserta aneka warung yang menyediakan kuliner khas laut yang tentunya sangat lezat. Untuk masuk ke dalam area pantai ini, Anda hanya cukup membayar biaya retribusi lokasi wisata sebesar Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 3.000 untuk orang dewasa.

 Pantai Kemala

Pantai Kemala yang berlokasi di pusat kota Balikpapan dapat diakses dengan mudah hanya dengan menggunakan transportasi umum. Seperti pantai-pantai yang ada di Balikpapan, pantai Kemala juga memiliki pasir putih dengan pohon-pohon kelapanya yang melambai-lambai. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari, sembari menunggu momen matahari tenggelam, Anda bisa bermain atau sekadar berjalan-jalan mengelilingi pantai ini bersama rekan atau keluarga.

Jika Anda tertarik untuk bermain di sekitar pantai, pihak pengelola menyediakan arena bermain flying fox dan banana boat. Anda dapat puas bermain hanya dengan membayar Rp 25.000 per orang saja. Arena permainan ini baru dibuka di sore hari, jadi aktivitas ini cocok dilakukan sembari menunggu sunset tiba.

Pantai Melawai

Pantai Melawai merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal sebagai tempat hangout anak-anak muda di Balikpapan. Pantai ini memiliki keadaan geografis yang landai dan berpasir putih. Akses menuju ke pantai ini sangat mudah karena lokasinya yang strategis karena terletak di pusat Kota Balikpapan. Jika Anda berniat untuk menikmati sunrise dan Anda belum menemukan akomodasi terdekat dari pantai ini, jangan khawatir. Karena salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola pantai adalah hotel. Selain panorama matahari terbit yang bisa Anda nikmati, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam di pantai ini.

Pantai Sepinggan

Pantai ini berlokasi di wilayah perumahan TNI AU, sehingga untuk Anda yang ingin masuk ke pantai ini, Anda akan melalui pemeriksaan terlebih dahulu. Secara administratif, pantai ini terletak di kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan. Di pantai ini, ada banyak fasilitas yang bisa dengan mudah Anda temukan seperti warung-warung yang menyediakan berbagai macam kuliner laut yang segar. Biaya retribusi yang dikenakan jika Anda ingin masuk ke dalam area pantai ini hanya sebesar Rp 10.000 per orang.

Kelima pantai di atas adalah lokasi wisata hits yang harus Anda kunjungi ketika sampai di Balikpapan. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Balikpapan, jangan lupa untuk memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari agar perjalanan Anda nyaman. Jika Anda berdomisili di Surabaya, Anda bisa cek harga tiket pesawat Balikpapan Surabaya melalui aplikasi-aplikasi di smartphone Anda untuk menemukan penerbangan yang murah aman dan nyaman.

Pos terkait