Antisipasi Pungli, Gedung Baru Pelayanan SIM di Indramayu Resmi Beroperasi

  • Whatsapp

Indramayu, Akuratnews.com – Polres Indramayu kini memiliki Gedung Satuan Penyelenggaraan Administrasi (Satpas) Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Gerai SIM yang terletak di Jalan RA. Kartini Indramayu.

Peresmian Pengoperasian gedung baru tersebut dilaksanakan oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Jawa Barat Irjen. Pol. Rudy Sufahriadi, Rabu (12/08/2020).

Bacaan Lainnya

Dengan hadirnya Satpas SIM ini diharapkan akan semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari Polres Indramayu dan tidak terjadinya adanya pungutan liar (pungli) dalam pengurusan SIM.

Kapolda Jabar Rudy Sufahriadi menegaskan, gedung dua lantai yang diperuntukan bagi pelayanan SIM ini sangat megah. Kemegahan fisik gedung ini harus pula dibarengi dengan peningkatan kualitas dari para petugas yang ada di pelayanan tersebut.

“Dengan adanya Satpas SIM ini, saya harap semua bentuk pelayanan kepada masyarakat harus menjadi lebih baik. Karena tujuan awal dibangunnya Satpas ini tidak lain adalah untuk menjadikan pelayanan di Polres Indramayu semakin baik lagi,” kata Rudy.

 

Sementara itu Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi, Prof. Dr. Diah Natalisa mengatakan, dengan adanya bangunan baru Satpas SIM Polres Indramayu diharapkan menjadi jawaban terhadap keluhan masyarakat yang masih terjadi.

Selain itu, Satpas SIM ini harus semakin mempermudah pelayanan kepada publik dan mewujudkan zona integritas untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Hal lain yang harus mendapatkan perhatian yakni adanya terobosan pelayanan dengan memanfaatkan kemajuann teknologi informasi di era digital saat ini apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Ditengah masa pandemi ini pelayanan publik adalah salah satu bagian penting dari tugas penyelenggaraan pemerintah. Sehingga saya mengapresi kinerja Polda Jabar yang termasuk Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 di tingkat provinsi. Karena hadirnya kepolisian dalam penanganan Covid-19 merupakan bukti bahwa pemerintah hadir ditengah masyarakat,” kata Diah.

Pos terkait