oleh

M Thohir: Kami Akan Intens Pantau Kinerja PDAM Tirta Asasta Depok

 

Depok, Akuratnews.com – Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Aparatur Negara (DPW LSM Penjara) akui akan memantau intens kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok, Jawa Barat.

Fungsi pengawasan dari internal Badan Usaha Milik Daerah Depok yang masih dinilai lemah serta kinerja yang belum sesuai target Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Depok, jadi dasarnya.

“Kami lihat fungsi pengawasan kerja proyek PDAM lemah hingga belum tercapainya RPJMD Depok. Karena itu kami akan pantau terus kinerja PDAM Depok,” kata Ketua DPW LSM Penjara M. Thohir Barbara, Kamis,(21/5/2020).

Harusnya, kata Thohir, fungsi pengawasan kerja proyek di lapangan bisa berjalan maksimal. Sehingga tidak ada lagi kerja yang terkesan asal. Contoh kecilnya, tanah galian yang dibiarkan tercecer dan bisa bahayakan para pengguna jalan.

“Kalau dari hal seperti itu bisa luput dari pengawasan, bagaimana dengan item kerja yang lain,” katanya.

Lebih dari itu, kata Thohir, selain agar kualitas dan ketersediaan air bersih tetap bisa berjalan baik, maksimal ke masyarakat, untuk mendorong kinerja PDAM bisa konsisten sesuai target Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Depok.

Jika melihat capaian kinerja pihak PDAM, kata Thohir, memang sejauh ini cendrung baik. Itu bisa dilihat dari sejumlah realisasi kerja yang dicapai hingga mampu meraih penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum pada tahun 2018 lalu.

“Capaian kinerjanya sejauh ini memang masih relatif baik. Puncak prestasinya terlihat pada tahun 2018 lalu sebagai PDAM terbaik,” ucap Thohir.

Meski begitu, lanjutnya, PDAM masih belum mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD. “Lantaran itu, kinerjanya masih perlu ketat diawasi. Termasuk juga pada kegiatan fisik pembangunan pengembangan jaringan pipa maupun lainya,” tegas Thohir.

Terkait profesionalisme sumber daya manusia diinternal PDAM, menurutnya masih perlu ditingkatkan agar bisa maksimal lakukan fungsi pengawasan kerja proyek pemasangan pipa air PDAM yang dikerjakan kontraktor nakal.

Menanggapi kepemimpinan dirut Utama PDAM priode 2015-2020 yakni M Olik Abdul Holik yang kini kembali maju pada bursa kandidat jabatan direksi PDAM Depok, Thohir memprediksi M Olik akan pimpin kembali posisi dirut utama PDAM Depok.

“Kalau melihat dari sejumlah kategori yang disyaratkan pada bursa calon direksi PDAM, Olik bisa saja bahkan kandidat kuat duduk kembali sebagai dirut utama,” katanya.

Komentar

News Feed