Sekdakot Depok: Berternak dan Budidaya Talas Perkuat Ketahanan Pangan di Depok

  • Whatsapp

 

Depok, Akuratnews.com– Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Hardiono menilai program Kampung Makmur yang membudidayakan talas dan ternak bebek hybrida menjadi langkah positif dalam membangun dan memperkuat ketahanan pangan Kota Depok.

Bacaan Lainnya

Program Kampung Makmur yang digagas dan dilaunching yayasan Bakri Amanah dan yayasan Sabilul Ummah di kawasan Bojong Sari Depok itu juga diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat di Depok.

“Semoga menjadi percontohan bagi masyarakat dan bisa bermanfaat untuk masyarakat yang sedang membutuhkan pekerjaan khususnya di Depok,” ujar Hardiono usai hadiri launching Kampung Makmur di Bojong Sari, Depok, Rabu, (8/07/2020).

Hardiono berharap adanya budidaya talas bisa dimanfaatkan jadi salahsatu diversifikasi pertanian yang pengalokasikan sumber daya pertanian pada beberapa aktivitas lainnya sehingga dapat menguntungkan secara ekonomi, lingkungan dan juga kesehatan bagi penderita diabetes.

“Saat ini pada fase new normal life, mudah-mudahn menjadi terobosan baru dan para milenial bisa menyebar luaskan serta terinspirasi karena bukan hanya di lahan luas, dipekarangan rumah juga bisa menanam dengan menggunakan polibek,” kata Hardiono.

Sementara itu, Sekertaris Jenderal Manager Bakri Amanah, Ikhsan setiadi, mengatakan program ini dilaunching guna menjadikan kawasan tangguh pangan.

Menurutnya, di tengah pandemi virus Corona, kondisi perekonomian masyarakat semakin sulit dan menurun. Sebagai lembaga yang memiliki komitmen untuk terus memberdayakan masyarakat, pihaknya berinisiatif mengadakan program budidaya talas dan ternak bebek hybrida.

“Alhamdulilah hari ini kita bisa berkumpul dengan warga kota depok khususnya di Bojong Sari. Secara pribadi saya sangat mengapresiasi semua unsur mendukung baik upaya kami baik pihak Pemkot Depok, LPM, Organisasi Massa, serta masyarakat”ujar Ikhsan.

Pada tahap awal, lanjut Ikhsan, program budidaya ini dana yang kami keluarkan senilai 78 Juta. Sedang, untuk bibit talas kami sebar sekitar lima ribu bibit, serta tiga ribu ekor bebek.

Selain Sekdakot Depok, acara launching Kampung Makmur juga turut dihadiri Kapolsek Sawangan AKP Sutrisno, LPM Kota Depok serta para undangan lainnya.

Pos terkait