oleh

Selalu Meluap, Warga Minta Normalisasi Sungai Cipelang Bangkaloa Ilir

Widasari, Akuratnews.com – Sungai Cipelang yang mengalir ke wilayah Desa Bangkaloa Ilir, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu terkadang meluap ke pemukiman warga. Kondisi ini sering terjadi mengingat intensitas air hujan yang kerap turun belakangan ini. Sehingga, masyarakat mendesak pemkab untuk melakukan upaya normalisasi.

Tokoh Pemuda Desa Bangkaloa Ilir Blok Cilengkung  Rasmana mengatakan, pada musim hujan seperti saat ini, warga selalu khawatir dan waspada, mengingat luapan Sungai Cipelang terkadang naik ke pemukiman, dan nyaris banjir ke rumah-rumah warga.

“Sewaktu hujan besar kemarin, luapan sungai sempat naik dan merangsek masuk ke pemukiman. Meski tidak parah, tapi itu cukup membuat kami semakin waspada,” ungkapnya, Rabu (1/1/2019).

Rasmana berharap sekaligus meminta kepada pemkab untuk segera mengantisipasi persoalan tersebut dengan cara normalisasi sungai dan atau ‎pembuatan saluran untuk pembuangan air.

“Harus ada normalisasi sungai, serta harus ada pembuangan air, supaya warga Desa Bangkaloa Iir yang bermukim dekat dengan tanggul sungai Cipelang tidak kebanjiran,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan masyarakat setempat lainnya, Dulajid. Menurutnya pemkab segera turun tangan untuk menormalisasikan sebab apabila Hujan turun dengan debit yang banyak, air sungai cipelang dipastikan akan meluap dan luber ke tanggul sungai dan  tak menutup kemungkinan akan menerjang desa-desa yang dilintasi Sungai Cipelang.

”‎Bukan hanya Desa Bangkaloa Ilir saja yang dilewati Sungai Cipelang, makanya pemerintah harus segera mencari solusinya dan segera eksyen ke lapangan,” ungkapnya. (Rosdiyanto)

Komentar

News Feed